AL-ONE COMPUTER CABANG UNS1

AL-ONE COMPUTER CABANG UNS1
Jln.Surya Utama 1 pasar Panggungrejo blok B1 No.36 Jebres Surakarta Tlp>0271-5839958

CABANG DEPAN UNS

CABANG DEPAN UNS
Jln.KH.Dewantoro No.3 Kentingan Surakarta tlp.0271-7922568

Labels

Blog Archive

Home » » TIPS MERAWAT LCD LAPTOP

TIPS MERAWAT LCD LAPTOP


Cara Merawat LCD Laptop/Notebe

Kali ini Muda Karya akan berbagi tips merawat LCD Laptop (notebook/netbook) sekarang ini sudah lagi bukan sebagai barang mewah. Semakin banyak orang menggunakan laptop khususnya dalam bidang pendidikan. Dari mulai anak SD sampai dengan anak kuliahan sudah familiar dengan laptop. Tapi dari sekian banyak yang memiliki laptop, hanya sebagian kecil yang mengetahui bagaimana cara untuk merawatnya.
Sebagai pemilik laptop pastinya selalu ingin mendapatkan perfoma terbaik pada laptop yang dimilikinya. Untuk selalu mendapatkan perfoma terbaik anda juga tentu harus tahu bagaimana cara merawat komponen-komponen baik itu hardware (baterai, lcd, hardisk, RAM, dll) maupun software (program).
Salah satu yang menjadi komponen penting dari laptop dan cukup mahal harganya apabila terjadi kerusakan dan harus dilakukan penggantian adalah LCD. Rusaknya LCD laptop ini juga disebabkan banyak faktor, bisa jadi karena bawaan dari pabrikan atau juga dari cara pemiliknya merawat dan memperlakukannya.
Masalah yang sering timbul dengan LCD laptop diantaranya
  • LCD dengan tampilan bergetar dan bergaris
  • Warna kurang tajam
  • Missing colour
Faktor lain penyebab kerusakan LCD adalah dari pengunaan dan cara merawatnya, LCD laptop berbeda dengan PC desktop  yang lebih kuat dan tahan apabila kita nyalakan dalam waktu lama. Semakin lama laptop dinyalakan akan menimbulkan panas yang berlebihan di dalam laptop itu sendiri, walaupun sudah memilki  fasilitas pendinginan di dalam laptop. Hal ini disebabkan oleh ruang kosong yang lebih kecil jika dibandingkan dengan PC desktop biasa. Panas pada laptop inilah yang menyebabkan kerusakan pada laptop, yang salah satunya adalah LCD laptop yang rusak. Sebagian besar kerusakan LCD susah ditangani kecuali LEMBIRU (Lempar yang lama dan beli yang baru).

Tentu kita semua tidak ingin hal tersebut terjadi. Lalu bagaimana cara merawat LCD laptop agar tetap awet dan bertahan lama? Berikut akan saya berikan tips untuk merawat LCD laptop agar tahan lama.
  1. Jangan menggunakan laptop lebih dari 3 jam berturut-turut, matikan sekitar 10 menit, kemudian anda bisa kembali menghidupkan laptop anda.
  2. Gunakan contras dan brightness sedang pada pengaturan LCD laptop.
  3. Atur LCD time off ketika laptop tidak digunakan di menu power option windows.
  4. Membuka dan menutup LCD laptop dengan benar yaitu  dengan memegangnya dari kedua sisi kanan kirinya, bukan dari atasnya, karena di bagian atas ada blok yang rentan rusak.
  5. Jangan biarkan layar LCD tergores dengan tidak menyentuh layar dengan langsung menggunakan tangan atau apapun yang keras.
  6. Cabut sambungan daya listrik lalu tutuplah LCD dengan kain apabila akan lama tidak digunakan.
  7. Lakukan pembersihan layar LCD secara berkala supaya debu dan juga kotoran yang melekat tidak sampai lengket di layar.
  8. Untuk melakukan permbersihan kotoran yang sudah melekat bersihkan LCD laptop dengan menggunakan cairan khusus pembersih LCD laptop.
  9. Jangan terlalu sering buka tutup laptop, kalau fleksibelnya terganggu dapat merambet ke lcd nya, Jangan juga terlalu sering bermain game yang berat-berat selain komponen bekerja lebih keras juga cepat merusak kualitas LCD.
  10. Setelah pemakaian, jangan langsung menutup laptop. Sebisa mungkin biarkan laptop benar-benar dingin baru tutup laptop. Kalau Setelah mati langsung ditutup, panas dari laptop akan kena langsung ke layar, alhasil, warna lcdnya jadi putih-putih, paling tidak lima menit didiamkan terlebih dulu setelah dimatikan, lalu kemudian ditutup.
  11. Kalau membawa laptop memakai tas usahakan pada waktu meletakkan tasnya jangan tidur tapi berdiri, jadi isi tas tidak menekan lcd laptop. Terus dalam tas tersebut juga tidak boleh ada alat elektronik lain terutama yang mengandung magnet, seperti ipod, headset yang besar, dll.
Demikian tips cara merawat LCD laptop, semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts